game tips, android tips, game android

Wednesday, September 28, 2016

4 Hal Pentingnya Mengelola Memori Android

Ada hal yang perlu Anda tahu tentang memori internal di Android. Saat Anda membeli serta melihat spesifikasi Android lalu disana tertulis kapasitas memori internal sebesar misal 16 GB, memang Anda cuma benar-benar mempunyai kapasitas yang tersedia sebesar 12 atau juga 13 GB saja. Mengapa? Hal ini dikarenakan sistem Android menggunakannya untuk sekitar pengoperasian tertentu.


Untuk memeriksa apa saja yang mengambil ruang pada memori internal Android, Anda dapat melihatnya di Setting Storage.

Bagaimana Memulihkan Memori Android Yang Lambat?

Bila memori internal Anda telah penuh atau juga ruang yang tersedia tinggal sedikit, tentu akan timbul masalah utama adalah lambatnya kinerja Android. Untuk mengatasinya tentu saja Anda perlu memulihkan juga kondisi memori atau juga paling tidak mengurangi kapasitas yang mengisi memori Android. Penuhnya memori benar-benar berkaitan dengan aplikasi yang diinstal. Sehinnga Anda memerlukan aplikasi penting di Android tersebut.

1. Uninstall
Terlalu banyak aplikasi yang diinstal tentu akan banyak memakan ruang di memori. Ada baiknya bijaklah didalam menginstal aplikasi, instal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Jadi Anda dapat lihat-lihat lagi aplikasi mana yang tidak terlalu penting sebaiknya di-uninstall. Caranya cukup gampang, Anda cuma tinggal masuk ke:

Setting – Aplication – Mannage Apps – klik Apps – Uninstall
Uninstall – Clear Cache – Clear Data

2. Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal / Move to SD Card
Bila kapasitas RAM yang dimiliki cukup besar serta memungkinkan untuk menampung banyak aplikasi, Anda tidak memerlukan uninstall aplikasi yang sebenarnya dibutuhkan, Anda cukup memindahkan aplikasi yang telah diinstal ke memori eksternal atau juga SD Card.
Caranya gampang bila Android Anda telah memakai sistem operasi Ginger Bread (Android 2,3), tinggal masuk ke:
Setting – Aplication – Manage Apps – Klick Alikasi – Move To SD Card.

3. Clear Cache
Sebagian orang mungkin ada yang masih merasa awam dengan cache. Cache merupakan seperti data yang tersimpan sementara di memori telepon. Setiap ada aplikasi yang diaktifkan / dilakukan, sehinnga akan ada cache yang tersimpan. Dapat juga cache diartikan bagai jejak-jejak yang ditinggalkan untuk sistem setelah menjalankan aktifitasnya. Cache ini berguna supaya pada ketika aplikasi diaktifkan kembali, prosesnya tidak akan memakan waktu yang lama. Cache dari aplikasi yaitu salah satu penyebab mengapa memori internal telepon terus berkurang sedangkan Anda tidak menginstal aplikasi baru atau juga mengupdate aplikasi.
Jadi dengan menghapus cache sebenarnya tidak akan membebaskan ruang memori internal yang begitu besar, tetapi paling tidak dapat menambah ruang walaupun cuma sekitar MB saja.
Clear Cache >> Setting – Aplication – Manage Apps – Klick Alikasi – Clear Cache.

4. Clear Data
Ini akan menghapus semua data yang terkait dengan aplikasi. Bila Anda menjalankan Clear Data, sehinnga aplikasi yang telah berjalan akan kembali ke awal saat aplikasi itu baru pertama kali diinstal. Misalnya bila Anda menghapus data untuk sebuah aplikasi Facebook, sehinnga saat membuka Facebook lagi perlu memasukan lagi pasword. Tentu saja dengan Clear Data otomatis telah mengosongkan cache sekaligus, tetapi Anda juga perlu menjalankan aplikasi mulai dari awal lagi.

Dengan cara-cara diatas, semoga Android Anda dapat lebih optimal lagi saat digunakan. Semoga berguna.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Hal Pentingnya Mengelola Memori Android

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.